Ads by google

Jadi Kades Dengan Modal Dengkul

Monday, September 1, 2014


Jadi Kades mungkin impian dan pencapaian tertinggi dalam hidup saya sampai saat ini. Hanya lulus SMA, pernah kerja bangunan di Jakarta, pernah jadi TKI di Sarawak Malaysia, pernah jadi tukang ojeg di kampung, pernah jadi konektur Bus Cepat Budiman selama 8 tahun, pernah menjadi Kepala Dusun selama 2,5 tahun, lalu 7 Juli 2013 hup terpilih jadi Kepala Desa Bojonggedang Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Jabar, di usia 40 tahun lewat 2 bulan. Alhamdulillah...

bersama teman sekelas yang juga jadi kades
Bersama Teman Sekelas Sewaktu SMP (Edi Kurniadi)yang juga jadi Kades
(Saya= kanan) Sehabis dilantik 4 Juli 2013.

Bisa Menang Gimana Tuh Caranya?

Banyak yang bertanya, gimana tuh caranya bisa menang jadi Kades, apalagi yang tahu kehidupan saya yang pas-pasan. Sudah jadi rahasia umum nyalon Kades itu harus punya modal untuk membeli suara pemilih. Saya justru gak ada modal, waktu daftar di dompet saya cuma ada uang 5.000 perak. Padahal uang pendaptarannya sebesar Rp. 14.000.000. Haha, jadi masih kurang Rp. 13.995.000. Tapi alhamdulillah dengan bantuan rekan-rekan, saudara, akhirnya uang pendaptaran itu bisa saya lunasi.

Mbranding, membangun branding, banyak dolan atau main. Istilah kerennya blusukan. Saya ingat ketika masa kampanye pilkades, kan dijadwal keliling ke tiap kampung. Saya tidak pernah bikin acara kampanye resmi, tapi banyak ngobrol ke masyarakat saja, sowan, silaturahmi.

Waktu hari H-nya saya juga tidak mau diantar pake mobil ke tempat pemilihan. Lha, saya mau bawa yang saya punya saja: jadi saya naik motor ditemani oleh sahabat saya, Pa Opon. Tiba di tempat pemilihan saya paling pagi, calon yang satunya lagi belum hadir. Dan ketika calon yang satunya lagi datang, ciutlah hati saya, soalnya itu mah naik mobil dan dikawal. Hadeuh...aku mah tidak punya yang ngantar.

Tapi saya punya modal yang tidak bisa dikalahkan oleh siapapun. Apa tuh? DOA IBU SAYA. Itu saja yang saya andalkan. Saya yakin ibu saya adalah orang yang doanya selalu didengar dan dikabulkan oleh Allah. Jadi bila saya kalah artinya doa ibu saya tidak dikabul dan itu tetap yang terbaik buat saya.

Alhamdulillah, Menang, Euy!

Ceritanya pemilihan Kades dimulai. Saya tahu pendukung saya hanyalah rakyat biasa yang tidak bisa menunjukan kekuatannya kecuali di dalam kukumbung ketika memilih. Saya tahu calon yang satunya lagi didukung oleh tokoh-tokoh nomor satu di Desa Bojonggedang. Malah Kades yang baru berhenti pun diisukan mendukung calon yang itu. Ya ora dipikirin, biar saja, saya punya kekuatan doa ibu saya, kok. Urusannya sama Allah. Semua bisa memungkinkan kalau kita mempercayakan pada Allah. Iya,toh?

Ceritanya cepetin aja...Pemilihan Berlangsung. Usai. Saya Pulang. Nunggu penghitungan suara di rumah. Saya datangi ibu yang saat saya datang malah menangis. Saya tetap minta doanya untuk bisa menang. Lalu saya pun berdoa pada Allah: "ya Allah, kalau aku kalah dalam Pilkades kali ini, tentu hati ibuku akan terluka. Ya Allah bahagiakan hati ibuku dengan kemenanganku di Pilkades. Jangan Engkau lukai hati ibuku dengan kekalahanku. Amien" Saya berdoa pun sambil bercucuran air mata.

Berita itu datang: SAYA MENANG DENGAN SELISIH 44 SUARA. ALHMDULILLAH SAYA BISA MEMBAHAGIAKAN HATI IBUKU. DOANYA TERKABUL. DOAKU TERKABUL...

Tanggal 4 Juli 2013 saya dilantik jadi Kades Desa Bojonggedang. Kades termuda dalam sejarah Desa Bojonggedang. Besoknya tanggal 5 Juli 2013 saya tidak buang-buang waktu, langsung kerja.

Ucapan terimakasih untuk:
  1. Ibuku, engkau lah orang yang selalu jadi kekuatan dengan doa-doanya. Bu, meskipun kita ini miskin, tapi Allah menyediakan jalan agar anakmu bisa berbakti menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk Desa Bojonggedang.
  2. Kakakku, Komar Endrasmara, meskipun Akang pendiam tetapi selalu datang di saat yang diperlukan.
  3. Ke Iing, meskipun banyak orang tidak setuju dengan Ke Iing, tapi saya tahu kerja cerdas Ake selalu cepat, tepat
  4. Pa Opon, Bu Opon Sekeluarga, kalian sahabat sejati yang selalu berkata jujur tidak saja hal yang menyenangkan, tapi juga hal yang tidak menyenangkan.
  5. Pak Ayo Yahya Heryanto, Mantan Kades Kawunglarang Ciamis, yang telah memberikan baju seragam Kades untuk pelantikan. Terimakasih Ua, bajunya pas meski topinya kesempitan bikin saya sakit kepala waktu dilantik, hehe.
  6. Semua saudara, handai tolan yang tak bisa disebutkan satu persatu.
Terimakasih banyak, hanya Allah yang akan membalas semua kebaikan itu. Amien.


Share this article on :

5 comments:

Unknown said...

Semua liku" jln hidup seseorang akan punya nilai masing" dan itulah namanya perjuangan hidup ,ketika kita di takdirkan oleh Yang Maha kuasa dlm sebuah posisi dimana posisi itu penuh dg duka cita ,maka itulah namanya ujian ,baik ujian dlm penderita'an ataupun kebahagia'an maka pandai" lah untuk mensyukurinya ,segala yg terjadi kepada diri kita

DESI ASTUTI said...

Info Dana Gaib Halal Tanpa Tumbal. Bagi anda yg membutuhkan Uang dengan cepat dalam jumblah yg besar atau terdesak dengan hutang silakan kunjungi website www.danagaib.xtgem.com insiallah semua akan terselesaikan melalui Program Hibah Dana Gaib ini 100% bukan pesugihan. Sekian info ini saya sampaikan semogah bisah membawah berkah, amiiin...

SAHABAT TANI said...

Goood job

Unknown said...

Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar

aditya.aulia139@gmail.com said...

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
BBM INVITE:::[D8980E0B]

Post a Comment

 
© Copyright 2011 Catatan Kecil Ena Rusyana All Rights Reserved.
Free Templates by Cool Blogger Tutorials- Powered by Blogger.com.